INILAH PARA PENGHUNI LANGIT KE-1 HINGGA KE-7

08.32 |


Peristiwa Isra' Mi'raj adalah salah satu peristiwa yang agung dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW. Isra' secara bahasa berasal dari kata 'saro' yang berarti perjalanan di malam hari. Adapun secara istilah, Isra' adalah perjalanan Rasulullah SAW bersama malaikat Jibril dari Mekkah ke Baitul Maqdis (Palestina), berdasarkan firman ALLAH dalam surat Al-Isra : 1 yang berbunyi :

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلاً مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأَقْصَى
"Maha Suci ALLAH, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha." (Al-Isra : 1)

Mi'raj secara bahasa adalah suatu alat yang dipakai untuk naik. Adapun secara istilah, Mi'raj berarti tangga khusus yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk naik dari bumi menuju ke  atas langit, berdasarkan firman ALLAH dalam Al-Qur'an di surat An-Najm ayat 1-18. Bagi umat Muslim wajib hukumnya mengimani dan meyakini sebagai suatu kebenaran dari ALLAH SWT. Pada peristiwa itu Nabi Muhammad SAW bertemu dengan ALLAH SWT dan mendapat perintah menjalankan Shalat 5 waktu sehari.

Dalam perjalanan bertemu Sang Pencipta, Rasulullah ditemani malaikat Jibril dengan mengendarai Buraaq, yaitu hewan putih panjang, berbadan besar melebihi keledai dan bersayap. Sekali melangkah, Buraaq bisa menempuh perjalanan sejuta mata memandang dalam sekejap. 

Rasulullah SAW melewati 7 langit dan bertemu dengan para penghuni di setiap tingkatan. Kabar ini dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Muslim dari Anas bin Malik. 
Berikut adalah para penghuni langit ke-1 sampai ke-7 : 
  • Langit ke-1
Ketika mencapai langit tingkat pertama, Rasulullah SAW bertemu dengan manusia sekaligus wali ALLAH SWT pertama di muka bumi, Nabi Adam AS. Saat bertemu Nabi Adam AS, Rasulullah sempat bertegur sapa sebelum akhirnya meninggalkan dan melanjutkan perjalanannya. Nabi Adam AS membekali Rasulullah SAW dengan doa, supaya Rasulullah SAW selalu diberi kebaikan pada setiap urusan yang dihadapinya. Sambil mengucapkan salam, Rasulullah SAW meninggalkan langit pertama untuk menuju langit kedua.
  • Langit ke-2
Sesampainya di langit kedua, Rasulullah SAW bertemu dengan Nabi Isa AS dan Nabi Yahya AS. Seperti halnya di langit pertama, Rasulullah disapa dengan ramah oleh kedua nabi pendahulunya. Sewaktu akan meninggalkan langit kedua, Nabi Isa AS dan Nabi Yahya AS juga mendoakan kebaikan kepada Rasulullah SAW. Kemudian Rasulullah SAW bersama malaikat Jibril terbang menuju langit ketiga.
  • Langit ke-3
Tidak disangka, di langit ketiga, Rasulullah bertemu dengan Nabi Yusuf AS, manusia tertampan yang pernah diciptakan ALLAH SWT di bumi. Dalam pertemuannya, Nabi Yusuf AS memberikan sebagian dari ketampanan wajahnya kepada Nabi Muhammad SAW. Dan juga akhir pertemuannya, Nabi Yusuf AS memberikan doa kebaikan kepada Rasulullah SAW.
  • Langit ke-4
Setelah berpisah dengan Nabi Yusuf AS di langit ketiga, Rasulullah SAW melanjutkan perjalanan dan sampailah Beliau di langit keempat. Pada tingkatan ini, Rasulullah SAW bertemu Nabi Idris AS, yaitu manusia pertama yang mengenal tulisan, dan nabi yang berdakwah kepada Bani Qabil dan Memphis di Mesir untuk beriman kepada ALLAH SWT. Seperti pertemuan dengan nabi-nabi sebelumnya, Nabi Idris AS memberikan doa kepada Rasulullah SAW supaya diberi kebaikan pada setiap urusan yang dilakukannya.
  • Langit ke-5
Sesampainya di langit kelima, Rasulullah SAW bertemu dengan Nabi Harun AS, yaitu nabi yang mendampingi saudaranya, Nabi Musa AS berdakwah mengajak Raja Firaun yang menyebut dirinya tuhan dan kaum Bani Israil untuk beriman kepada ALLAH SWT. Nabi Harun AS terkenal sebagai nabi yang memiliki kepandaian berbicara dan meyakinkan orang. Di langit kelima, Nabi Harun AS mendoakan Rasulullah SAW senantiasa selalu mendapatkan kebaikan pada setiap perbuatannya. Setelah bertemu, kemudian Rasulullah SAW melanjutkan perjalanannya ke langit keenam. 
  • Langit ke-6
Pada langit keenam, Rasulullah SAW dan malaikat Jibril bertemu dengan Nabi Musa AS, yaitu nabi yang memiliki jasa besar dalam membebaskan Bani Israil dari perbudakan dan menuntunnya menuju kebenaran Illahi. Nabi Musa AS juga terkenal dengan sifatnya yang penyabar dan penyayang selama menghadapi kolot dan bebalnya Bani Israil. Selama bertemu dengan Rasulullah SAW, Nabi Musa AS menyambut layaknya kedua sahabat yang lama tidak pernah ketemu. Penuh kehangatan dan keakraban. Sebelum Rasulullah SAW pamit meninggalkan langit keenamm Nabi Musa AS melepasnya dengan doa kebaikan.
  • Langit ke-7
Tibalah Rasulullah SAW ke langit ketujuh. Di langit ini, Rasulullah SAW bertemu dengan sahabat ALLAH SWT, bapaknya para nabi yaitu Nabi Ibrahim AS. Sewaktu bertemu, Nabi Ibrahim AS sedang menyandarkan punggungnya ke Baitul Ma'muur, yaitu suatu tempat yang disediakan oleh ALLAH SWT kepada para malaikatnya. Setiap harinya, tidak kurang dari 70 ribu malaikat masuk kedalam. Kemudian Nabi Ibrahim AS mengajak Rasulullah untuk pergi ke Sidratul Muntaha sebelum bertemu dengan ALLAH SWT untuk menerima perintah wajib Shalat. Sidratul Muntaha merupakan sebuah pohon yang menandai akhir dari batas langit ketujuh. Masih dalam hadits yang sama, Rasulullah SAW menceritakan bentuk fisik dari Sidratul Muntaha, yaitu berdaun lebar seperti telinga gajah dan buahnya yang menyerupai tempayan besar.

Namun ciri fisik Sidratul Muntaha berubah ketika ALLAH SWT datang, bahkan Rasulullah SAW sendiri tidak bisa berkata-kata menggambarkan keindahan pohon Sidratul Muntaha. Pada kepercayaan agama lain, Sidratul Muntaha juga diartikan sebagai pohon kehidupan. Di Sidratul Muntaha inilah Nabi Muhammad SAW berdialog dengan ALLAH SWT, utnuk menerima perintah wajib Shalat lima waktu dalam sehari.

Demikianlah artikel yang saya share kali ini, semoga dengan membaca artikel ini, ibadah kita kepada ALLAH semakin rajin, khususnya dalam ibadah Shalat, karena Shalat merupakan tiang agama.
Bila ada saran dan kritik, silahkan dituangkan dikotak komentar dibawah ini. Terimakasih. Arigatougozaimasu.

Penulis by Admin Team Limited Edition (Yudhistira Nurkarwana)

29 komentar:

Dian mengatakan...

Terima kasih atas artikelnya sobat...

Anonim mengatakan...

terima kasih atas infonya :)

Unknown mengatakan...

Thanks info nya gan

Limited Edition mengatakan...

Terimakasih atas kunjungannya mas bro :-)

zoel mengatakan...

menurut pemahaman saya sidratul muntaha tidak berada dilangit ketujuh tapi di atas langit ke tujuh. Dan tumbuhan sidrat yang dimaksud sering diterjemahkan dengan lotus,teratai atau bidara

Surat Pucuk Rebung mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Apakah langit yang bertingkat-tingkat itu berlapis-lapis, bertumpukan, pararel, tidak saling berhubungan, dengan penciptaan yang mulanya sama, atau bagaimana?

saya yakin langit yang dimaksud bukan langit di alam semesta ini.

Wassalam'alaikum Wr. Wb.

Limited Edition mengatakan...

Untuk itu semua, hanya ALLAH yang tahu, saya kan belum meninggal dunia, jadi tidak tahu bentuknya seperti apa :)

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

Sebaiknya anda tidak usah mencela ! Kalau anda tidak percaya ya sudah diam saja ! Bagiku agamaku dan bagimu agamamu ! Saya harap anda jangan mencari keributan !

Anonim mengatakan...

Tiga Dimensi adalah ruang suatu obyek. Saya masih ingat ketika belajar matematika geometri dulu, tiga dimensi memiliki koordinat x, y dan z, dimana perpindahan suatu obyeknya, ditandai pergerakan koordinat x, y

dan z. Manusia sebagai obyek tiga dimensi dapat bergerak kedalam tiga arah, depan-belakang, kanan-kiri dan atas-bawah.

Dimensi yang lebih sederhana adalah dua dimensi. Sebuah bayangan, adalah contoh sederhana obyek dua dimensi, dimana ruang obyek dua dimensi terbatas pada koordinat x dan y saja. Jika bayangan adalah suatu

makhluk maka pergerakannya dapat dirasakan oleh dunia bayangan. Jika manusia sebagai makhluk tiga dimensi hadir dalam dimensi bayangan, maka ketika manusia menggunakan pergerakan yang tidak dimiliki dunia

bayangan maka bayangan tidak akan dapat melihat manusia .

Mengapa manusia tidak dapat melihat jin, karena jin berada pada dimensi ke empat yaitu langit kedua. Bagi Dunia manusia, alam jin adalah alam ghaib. Jin bisa melihat manusia, sebaliknya manusia tidak bisa melihat

jin. Namun jin bukanlah tahu-segala-galanya. Sebab, ia hanya tahu tentang langit kedua yang memang dihuninya, ditambah dunianya manusia yang dimensinya lebih rendah. Langit ketiga adalah alam ghaib bagi jin.

Bangsa Jin di langit kedua, terkadang mencuri informasi dari langit yang lebih tinggi. Hal ini yang memungkinkan manusia ‘mengagungkan’ bangsa jin dengan keparanormalnya. Tahukah anda, bahwa ketika jin mencuri

informasi, mereka dikejar oleh semburan api seperti disebutkan dalam Alqur’an QS:15;18 “Ketika Setan mencuri-curi berita yang dapat didengar dari malaikat lalu dia dikejar oleh semburan api yang terang.“

Secara lengkap, langit dan dimensi dapat dipaparkan demikian: Langit pertama berdimensi tiga, langit kedua berdimensi empat, langit ketiga berdimensi lima, langit keempat berdimensi enam, langit kelima

berdimensi tujuh, langit keenam berdimensi delapan dan langit ketujuh berdimensi sembilan.

Langit ketiga (dimensi lima) sampai dengan langit ketujuh (dimensi sembilan) dihuni oleh para arwah . Hal ini terbukit ketika Rasulullah SAW melakukan mi’raj ke langit ketujuh, beliau sempat bertemu dengan

Nabi/rasul di masing-masing tingkatan langit sesuai dengan maqamnya (kesuciannya). Arwah orang-orang yang mencintai dunia berada pada tingkatan yang rendah, karena cintanya pada hal-hal duniawi membuatnya

sulit mencapai tingkatan langit yang lebih tinggi.

Dengan demikian, perjalanan Rasulullah bersama Malaikat Jibril ke langit ke tujuh sangat mungkin merupakan perjalanan lintas dimensi. Dari dimensi tiga , berpindah bersama Jibril sampai dimensi ke 9, dari langit

pertama sampai langit ketujuh. Rasulullah akhirnya mencapai dimensi ke 9 , langit ke tujuh yang disebut dengan “SIDRATUL MUNTAHA”.

Luasnya akhirat, digambarkan oleh Rasulullah sbb.: “Perbandingan antara Dunia dan Akhirat adalah seperti air samudera, celupkan jarimu ke samudera, maka, setetes air yang ada dijarimu itu adalah dunia, sedangkan

air samudera yang sangat luas adalah akhirat.“

Sumber : http://anesularnaga.blogspot.com/2013/07/terpesona-di-sidratul-muntaha.html

KING OF MANUBA mengatakan...

naiklah kelangit sblm ajal tiba

Anonim mengatakan...

@KING OF MANUBA; lhaa... Mesti jadi astronot donk llo gitu mah.... Kita kan manusia biasa, bukannya nabi atau rasul Allah. Mohon penjelasannya yaa...

GURU ROHANI mengatakan...

Jibril hanya mampu mendampingi Nabi SAW hingga langit ke tujuh. Lebih dari itu jibril tidak mampu lagi.

GURU ROHANI mengatakan...

Semoga diberi hidayah. Jangan sampai mengurangi dan menurunkan derajad junjungan kita setara dengan jibril AS.

KING OF MANUBA mengatakan...

Berangkat melalui Proses Pengenalan diri

KING OF MANUBA mengatakan...



“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”(QS. At Tiin [95]: 4)

KING OF MANUBA mengatakan...

“Dan sungguh kami telah memuliakan anak Adam.” (QS. Al Isra [17]: 70)

Unknown mengatakan...

Komentar nya lucu2 bangat,,,,

Valeria armita rahayu mengatakan...

Aslamalikum warahmatullahi wabarakatu

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya Ibu Wardina saya berasal dari kota yogyakarta saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hamper kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai sebuah kendaraan roda empat atau sebuah mobil pribadi sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan hutan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

secara kebetulan saya buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang mbah dari sana saya coba menghubungi mbah awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk membayar hutang lewat sebuah jalan togel lewat bantuan seseorang dari malang jawa tengah dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan Mbah Roengsogi dukun super natural dari jawa tengah membantu saya lewat nomor togel dan saya berhasil melalui rintangan yang mbah sampaikan akhirnya nomor togel yang saya minta saya dapatkan dan saya langsung pasang alhasil ternyata nomor yang mbah Roengsogi berikan betul2 berhasil tembus 100%

Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada Mbah Roengsogi atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini dan sya sudah punya kendaraan beroda 4 yaitu honda jazz

Dan jika anda ingin bantuan seorang dukun super natural untuk mendapatkan nomor togel yang di jamin sukses silahkan anda hubungi mbah Roengsogi di nomor telepon 085319483234 atau +6285319483234 terimah kasih atas bantuannya




























Unknown mengatakan...

Kalok mau beli yg ada mesin di sayapna bisa dunk ...

Unknown mengatakan...

^limited edition^

Unknown mengatakan...

Maaf aku cuman taya jika ada orang membajak , atau mengunakan fb dan gogel orang lain.. Udang" nya pasal berapa. Punya ku kayak nya sering di bajak,,,
Aku capek di usilin orang terus... Tanpa ada salah.( gax tahu salah ku apa).

Unknown mengatakan...

Maaf aku cuman taya jika ada orang membajak , atau mengunakan fb dan gogel orang lain.. Udang" nya pasal berapa. Punya ku kayak nya sering di bajak,,,
Aku capek di usilin orang terus... Tanpa ada salah.( gax tahu salah ku apa).

pauljader mengatakan...

Di mana kah tempatnya Nabi Nuh?

Anonim mengatakan...

Kalau sistem tata surya itu langit ke berapa ya?
Trims

Rizky Helda Alfiananta mengatakan...

Itu masih dinlangit ke 1. Yg di isi berjuta2 galaxy.. Galaxy kita galaxy bima sakti yg berisi banyam sekali bintang termasuk beberapa planet.. Lalu di galaxy yg berjuta2 itu di dalamnya masih banyak juga planet2 yg kita tidak tahu namanya dan isi nya.. Kita hanya bagian yg kecil jadi jangan lha kita sampai sombong dindunia ini..

Unknown mengatakan...

http://reretaipan88.blogspot.com/2018/06/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-ini.html

Taipanbiru
TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
BandarQ
AduQ
Capsasusun
Domino99
Poker
BandarPoker
Sakong
Bandar66

Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61

Daftar taipanqq

Taipanqq

taipanqq.com

Agen BandarQ

Kartu Online

Taipan1945

Judi Online

AgenSakong

Unknown mengatakan...

Subahan allah,hanya allah yg maha tahu,semoga kita di satu kan dngn para syahabat rosul, allahu aqbaaaaaaaaar

Unknown mengatakan...

Suamiku pernah cerita dia di telepati oleh makhluk penghuni langit ke 2 dan.... Mirip sekali dengan yang anda jelaskan

Posting Komentar

..::Silahkan beri komentar pada setiap postingan yang kami post::..
jangan memberikan komentar sara, pornografi, kata-kata kasar, menghina atau mengejek dan mencela pihak lain atau pihak kami, karena kami tidak akan menampilkan atau mengijinkan komentar tersebut.
Terima Kasih By Limited Edition Group !!!