MEMAKAI KOMPUTER YANG NYAMAN

18.30 | ,


Mata anda sering terasa lelah setelah lama bermain dengan komputer? Apakah anda termasuk orang yang bekerja di depan komputer lebih dari 2 jam sehari? Hati-hati, mungkin anda terkena Computer Vision Syndrome (CSV) yaitu keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer.
Gejala CSV antara lain :

  • Iritasi (mata merah, berair, atau terasa kering).
  • Kelelahan (mata letih, kelopak mata atau dahi teras berat).
  • Sulit untuk fokus.
  • Sakit kepala (pusing).
Apa penyebabnya ?

CSV disebabkan oleh frekuensi berkedip yang menurun akibat menggunakan komputer dalam waktu yang lama dan posisi komputer serta pengaturan cahaya yang salah.

Bagaimana cara mengatasinya ?

Selama menggunakan komputer, anda diharuskan istirahat selama 10 menit setiap jamnya, alihkan pandangan anda dari monitor setiap 15 menit dengan melihat obyek yang jauh selama kira-kira 10 detik, atau lakukan variasi kegiatan untuk menghindari melihat layar komputer (seperti sesekali berdiri, menelpon atau berbicara dengan rekan anda). Atur pencahayaannya ruangan jangan terlalu terang dengan memasang tirai pada jendela, menggunakan lampu pijar yang tidak terlalu terang atau memakai lampu meja, menghindari pantulan sinar pada layar komputer anda, dan bila perlu pasang filter pada layar komputer.

Pengaturan posisi duduk.

Usahakan posisi duduk andanyaman dan rileks. Gunakan kursi yang dapat diatur posisinya dan disertai sandaran. Sebaiknya duduk tegak (90 derajat) dengan posisi keyboard sedikit lebih rendah dari siku lengan (100 derajat). Layar komputer sebaiknya berjarak 50-75 cm dari mata (lebih jauh dari jarak kaca), dengan posisi layar yang diatursedikit miring ke belakang 5-20 derajat dari horizontal mata. Seperti gambar di bawah ini :

Demikian tips dari saya untuk para pembaca, semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kita semua. ^_^

Penulis By: Team Limited Edition

0 komentar:

Posting Komentar

..::Silahkan beri komentar pada setiap postingan yang kami post::..
jangan memberikan komentar sara, pornografi, kata-kata kasar, menghina atau mengejek dan mencela pihak lain atau pihak kami, karena kami tidak akan menampilkan atau mengijinkan komentar tersebut.
Terima Kasih By Limited Edition Group !!!