SEMUA TENTANG KEPUTIHAN (WANITA HARUS MEMBACANYA)

13.16 |


APA ITU KEPUTIHAN?
 
Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Sedangkan, keputihan Patologis dapat disebabkan oleh infeksi yang biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

PENYEBAB KEPUTIHAN
 
Penyebab-penyebab keputihan dari golongan jamur atau parasit ada tiga jenis, yaitu:
1. Candidosis
Keputihan jenis ini disebabkan oleh jamur Candida yang tumbuh di dalam vagina. Jamur ini tumbuh lebih cepat jika lingkungan vagina mengandung glukosa. Tanda-tanda yang umum, timbul gatal-gatal di sekitar vagina dan lendir yang keluar berwarna susu kental. Itulah sebabnya wanita hamil dan yang mengalami diabetes sering mengalami keputihan jenis ini. Namun tidak tertutup kemungkinan dapat juga terjadi pada wanita lain.

2. Trichomoniasis
Keputihan jenis ini disebabkan oleh infeksi parasit. Selain itu juga dapat ditularkan melalui hubungan kelamin dari pasangan yang mengidap prasit trichomonis ini. Ciri-cirinya dari liang vagina keluar lendir agak kental berwarna kekuningan.

3. Bacterial Vaginosis
Keputihan yang disebabkan oleh kuman ini biasanya mengeluarkan lendir encer, menimbulkan bau amis yang menyengat, warnanya kekuningan agak kehijauan. Keputihan jenis ini disebut juga amine vaginosis karena kuman yang bersarang menyebabkan keluarnya amine yang menghasilkan bau amis.

Keputihan karena jamur atau parasit pencegahannya sangat sederhana, yakni cukup menjaga kebersihan wilayah sekitar vagina. Dari hasil penelitian di beberapa kota di Indonesia, banyak perempuan tertular keputihan karena jamur dari WC. WC umum, baik gayungnya, bak mandi, maupun air ceboknya yang sudah tercemar jamur candidosis. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati jika menggunakan fasilitas WC umum.

PENYEBAB KEPUTIHAN SECARA UMUM

1. Ketidakseimbangan hormon
2. Gejala suatu penyakit tertentu
3. Rusaknya keseimbangan biologis dan keasaman (ph) lingkungan vagina.
4. Sering memakai tissue saat membasuh bagian kewanitaan, sehabis buang air kecil maupun buang air besar.
5. Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis
6. Sering menggunakan WC umum yang kotor
7. Membilas vagina dari arah yang salah. Yaitu dari arah anus ke arah depan Vagina
8. Sering bertukar celana dalam atau handuk dengan orang lain
9. Kurang menjaga kebersihan vagina
10. Kelelahan yang amat sangat atau stress
11. Tidak segera mengganti pembalut saat menstruasi
12. Memakai sembarang sabun untuk mebasuh vagina
13. Tidak menjalani pola hidup yang sehat (makan tidak teratur, tidak pernah berolahraga, kurang tidur)
14. Sering berganti pasangan dalam berhubungan sex
15. Kadar gula darah tinggi
16. Sering menggaruk vagina

KEPUTIHAN NORMAL (FISIOLOGIS)

Gejala Keputihan Normal adalah:
1. Cairan sekresi berwarna bening, tidak lengket dan encer.
2. Tidak mengeluarkan bau yang menyengat.
3. Gejala ini merupakan proses sebelum atau sesudah haid dan tanda masa subur pada wanita tertentu.
4. Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan oleh plasenta atau uri.
5. Gadis muda kadang-kadang juga mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.
6. Biasanya keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal.
7. Pada wanita hmil keputihan lebih sering timbul, karena pada saat wanita hamil, maka kekebalan tubuhnya akan menurun.

Ciri-ciri Keputihan Normal adalah:
1. Bentuknya cair atau encer.
2. Warna bening atau sedikit putih.
3. Jumlahnya sedikit.
4. Hampir tidak berbau.
5. pH asam, antara 3,8-4,5.
6. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.

KEPUTIHAN ABNORMAL (PATOLOGIS)

Penyebab Keputihan Abnormal (karena penyakit):
1. Infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, jamur atau protozoa.
2. Keganasan kanker leher rahim.
3. Benda asing di dalam vagina (misalnya: kondom yang tertinggal).
4. Hygiene yang jelek.
5. Pemakaian obat-obatan dalam waktu lama, terutama antibiotik.
6. Stress.

Gejala Keputihan Abnormal adalah:
1. Keluarnya cairan berwarna putih pekat, putih kekuningan, putih kehijauan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini dapat encer atau kental, lengket dan kadang-kadang berbusa.
2. Cairan ini mengeluarkan bau yang meyengat.
3. Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya serta dapat mengakibatkan iritasi pada vagina.
4. Merupakan salah satu ciri-ciri penyakit infeksi vagina yang berbahaya seperti HIV, Herpes, Candyloma.

Ciri-ciri Keputihan Abnormal adalah:
1. Bentuknya kental.
2. Berwarna putih susu, kuning, atau hijau.
3. Dalam jumlah banyak.
4. Berbau tidak sedap.
5. Menimbulkan gatal kadang nyeri pada genital dan sekitarnya.
6. Mengandung darah.

MENCEGAH KEPUTIHAN

Berikut ini adalah cara mencegah keputihan adalah:
1. Menjaga kebersihan daerah vagina.
2. Membilas vagina dengan cara yang benar.
3. Jangan suka tukar-tukaran celana dalam.
4. Lebih berhati-hati dalam menggunakan sarana toilet umum.
5. Jalani pola hidup sehat. Cukup tidur, makan teratur, olahraga teratur.
6. Hindari gonta-ganti pasangan dalam berhubungan.
7. Bagi wanita yang sudah melakukan hubungan suami istri, setiap tahun harus melakukan papsmear untuk mendeteksi perangai sel-sel yang ada di mulut dan leher rahim.
8. Cucilah tangan sebelum dan sesudah menyentuh alat kelamin.
9. Gunakan celana dalam yang tidak ketat, memiliki sirkulasi udara yang baik seperti bahan dari katun. Serta gantilah celana dalam secara teratur.
10. Sering mengganti pembalut ketika haid. Pembalut yang sudah basah dan terlalu lama dipakai dapat menjadi sarang berbagai kuman penyakit.
11. Kebiasaan berhanduk dengan menggosok dari belakang ke depan memungkinkan berpindahnya kuman dari liang dubur ke vagina. Maka biasakan berhanduk dari depan ke belakang sehingga kuman tidak sampai terbawa masuk ke vagina.

PENGOBATAN UNTUK KEPUTIHAN

Untuk keputihan yang normal tidak memerlukan pengobatan. Tapi jika keputihan itu disebabkan oleh alergi, pengobatannya cukup dengan menghindari penyebab alerginya. Dengan sendirinya keputihan pun akan reda. Sedangkan keputihan akibat suatu penyakit memang memerlukan pengobatan. Dokter biasanya akan memberikan obat keputihan yang memerlukan gabungan obat pembunuh jamur, parasit, dan kuman. Jenis obatnya ada 2 macam yakni obat yang dimasukkan ke dalam liang vagina atau obat yang diminum.
Sebagian Masyarakat kita sering menggunakan air rebusan daun sirih untuk mengobati keputihan. Bahkan, ada juga yang menganjurkan memakan biji delima putih. Cara pengobatan tradisional ini, mungkin berlaku efektif untuk keputihan normal, yakni untuk menekan produksi lendir vagina. Namun, daun sirih atau ramuan tradisional lainnya tidak mempunyai efek membunuh kuman (antibiotik). Mungkin saja produksi lendir berkurang, tapi kuman akan terus hidup dan berkembang.

Jadi, jika anda ladies tidak ingin terkena keputihan, anda harus menjaga kebersihan dan merawat vagina anda dengan baik, karena itu merupakan aset bagi anda di masa depan. Jangan jorok atau kotor dalam menjalani pola hidup. Jika keputihan anda sudah parah, segera menghubungi dokter spesialis kelamin.


Demikianlah artikel yang saya share kali ini, jika ada kesalahan dan kekurangan, mohon diberi kritik dan saran melalui kotak komentar yang ada dibawah postingan ini. Arigatou.
Penulis By Team Limited Edition (Yudhistira Nurkarwana).

3 komentar:

Unknown mengatakan...

keputihan parah

Keputihan adalah masalah perempuan yang sering dialami oleh setiap wanita. Kondisi ini dikatakan normal, sebab keputihan yang terjadi karena adanya perubahan hormon.

Keputihan baru bisa dikatakan penyakit keputihan pada wanita, jika keputihan yang dialami berwarna, berbau, gatal, nyeri dan jumlah keputihan sangat banyak serta terjadi dalam waktu terus menerus.

Jadi jangan menganggap remeh dengan masalah keputihan yang dihadapi. Namun keputihan yang tidak normal bisa menjadi tanda dari suatu penyakit yang parah seperti kanker serviks. Oleh karena itu perhatikan keputihan parah mulai dari melihat warna keputihan beserta gejalanya sehingga bisa memperkirakan penyakit yang anda derita.

Bening
Mukosa elastis menyerupai putih telur yang mentah ini sebenarnya normal. Ini lengket dan membantu menarik sperma ke dalam rahim Anda.
Putih susu
Sekali lagi, jenis cairan ini benar-benar sehat. Kualitas yang tebal bisa menghalangi leher rahim Anda menjebak sperma di dalam.

Seperti keju cottage
Cairan putih yang berbentuk gumpalan bisa menunjukkan ada infeksi jamur. Jika Anda rentan mengalami infeksi jamur, hindari mengenakan celana ketat sintetis dan legging, berolahraga tanpa mandi setelahnya, dan meninggalkan baju renang basah selama berjam-jam.

Ada darah di dalamnya
Bercak antara periode menstruasi sangat umum ketika Anda minum pil KB. Catatan, warna yang Anda lihat pada pakaian dalam Anda belum tentu warna cairan Anda karena teroksidasi dan berubah warna karena udara.

Jika anda terkena penyakit ini solusi terbaik adalah pengobatan secepatnya, obati segera penyakit anda dengan Kinik Apollo Spesialis Kelamin Jakarta yang sudah sejak tahun 2015 untuk mengobati Andrologi dan Ginekologi.

Apabila anda mempunyai akibat keputihan parah diatas, sebaiknya anda segera untuk melakukan pengobatan sebelum penyakit anda derita akan semakin memperparah kondisi tubuh anda. Demikian sedikit penjelasan keputihan parah, apabila infeksi tersebut menyerang anda, segera diobati, pengobatan Klinik Apollo spesialis kelamin yang sudah terbukti khasiatnya menyembuhkan pasien berbagai penyakit kelamin Andrologi dan Ginekologi.

Untuk informasi lebih lanjut dan silahkan konsultasi langsung dengan “ DOKTER ONLINE GRATIS “ 021-62303060 / 0813-1518-6262

buka link di bawah ini :
https://helodokter.com







santi mengatakan...

kak infonya donk di mana ya bisa mendapatkan obat penghilang keputihan di cirebon? kaka ada info ga

santi mengatakan...

kak apakah keputihan seperti tisu itu berbahaya?mohon informasinya

Posting Komentar

..::Silahkan beri komentar pada setiap postingan yang kami post::..
jangan memberikan komentar sara, pornografi, kata-kata kasar, menghina atau mengejek dan mencela pihak lain atau pihak kami, karena kami tidak akan menampilkan atau mengijinkan komentar tersebut.
Terima Kasih By Limited Edition Group !!!