CARA MENGOBATI FLU DAN BATUK TANPA OBAT KIMIA

13.58 | ,


Di musim hujan, anak dan dewasa sangat rentan terserang influenza, sakit kepala, demam tinggi, pilek, dan sakit tenggorokan. Tapi apakah memungkinkan jika terkena alergi terhadap dingin? tentu saja memungkinkan.

Pilek atau alergi dingin bisa menyerang semua umur. Tubuh pasien pilek alergi pada umumnya sangat sensitif terhadap benda atau zat penyebab alergi. Biasanya ini karena hidung atau dihirup melalui makanan. Gejala yang di mulai dengan gatal pada hidung, diikuti dengan serangan bersin, lendir hidung dan cairan. Biasanya, gejala ini akan terasa paling parah di malam hari. Cara mengobati flu dan batuk tanpa obat kimia sangatlah dianjurkan. 
Penyebab pilek, ada dua jenis alergi, tubuh dapat internal atau eksternal. Faktor internal bisa disebabkan oleh hormon, psikologis dan keturunan mungkin juga orang alergi. Faktor lain bisa disebabkan oleh alergen seperti debu atau inhalasi alergen makanan seperti susu, ikan dan sebagainya. Unutk pasien alergi terhadap dingin harus cerdas untuk menghindari alergi. 
Meskipun terkesan spele, hanya dingin, tetapi jika tidak dilakukan terapi mengakibtkan komplikasi yang pada akhirnya akan menyulitkan pengobatan. Tidak hanya mempersulit pengobatan, tetapi juga akan meningkatkan penderitaan bagi pasien. Bila dibiarkan, komplikasi dapat terjadi di telinga, pipi, hidung, dan tenggorokan polip. Untuk yang harus dipertahankan untuk menghindari komplikasi timbul adalah dengan cara memperlakukan sesegera mungkin. 
Selain menghindari komplikasi, perlu dilakukan perubahan gaya hidup untuk menghindari alergi hidung meler. Menghindari bisa dengan olahraga teratur setiap pagi selama 30 menit, olahraga juga dapat memperbaiki kondisi keseluruhan tubuh dan mengaktifkan sel-sel kekebalan. Juga makan makanan bergizi, terutama buah-buahan dan sayuran, sitirahat yang cukup dan menghindari stress juga bisa mencegah kita dari flu sampai alergi. 
Cara mengobati flu dan batuk tanpa obat kimia dapat diberikan herbal alami seperti Daun Sambiloto. Selain mengatasi alergi juga bisa menstabilkan sel-sel yang tidak menimbulkan gejala alergi.

CARA MENGOBATI FLU DAN BATUK DENGAN DAUN SAMBILOTO

Ternyata selain untuk prostat, sambiloto juga bisa digunakan untuk berbagai macam penyakit. Di bawah ini akan dijabarkan sedikit apa itu Sambiloto dan manfaatnya yang dikutip dari situs kambing.ui.ac.id.
Tanaman obat ini termasuk familia Acanthaceae. Tanaman ini sering ditemukan tumbuh liar di tempat terbuka, seperti tepi jalan, ladang, atau tanah kosong yang terbengkalai, juga di pekarangan rumah. Daerah penyebarannya dari dataran rendah sampai ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.
Untuk pengembangbiakannya cukup mudah, petik buah yang sudah tua, ambil bijinya, dan semaikan. Nama lain dari Sambiloto ini : Papaitan (Sumatera), ki oray, ki peurat, ki ular, takilo, bidara, sadilata, sambilata, takila (Jawa). Tanaman ini mengandung : 
Lakton: deoxy-andrographolide, andrographolide, 14-deoxy-11, neoandrographolide, 12-didehydroandrographolide, dan homoandrographolide.
Flavanoid: Alkane, ketone, dan aldehyde.

Kegunaan tanaman sambiloto ini untuk :

  • Typus
Petik 10-15 lembar daun sambiloto segar. Tambahkan air secukupnya dan rebus hingga mendidih. Untuk mengatasi rasa daun yang amat pahit, sewaktu meminum dapat dicampur dengan madu.
  • TBC Paru-paru
Daun sambiloto segar dikeringkan, lalu digiling halus sampai menjadi bubuk. Setelah itu, ditambah sedikit madu dan dibuat bulatan-bulatan pil berdiameter sekitar 0,5 cm. Sebaliknya pil ini diminum dengan air matang 2-3 kali sehari. Sekali minum dapat 15-30 pil.
  • Batuk rejan atau pertusis
Tiga lembar daun sambiloto diseduh dengan air panas dan tambahkan sedikit madu. Minum larutan ini 3 kali sehari.
  • Kencing nanah
Petik 3 batang sambiloto berikut dengan daun-daunnya. Cucu bersih lalu rebuslah dengan 4 gelas air minum hingga tersisa 2,25 gelas saja. Dinginkan air terlebih dahulu, baru disaring. Jika hendak diminum tambahkan madu secukupnya. Lakukan 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.
  • Demam
Daun sambiloto segar ditempelkan ke badan atau dahi si penderita.
  • Penambah nafsu makan
Siapkan daun sambiloto 10 helai. Selain itu, siapkan pula kulit dan batang tanamannya sebanyak 50 gram. Bahan-bahan ini dicuci hingga bersih, kemudian direbus dengan 3000 cc air. Airnya cukup diminum sehari sekali sebanyak satu gelas saja. Unutk menghilangkan rasa pahit dapat ditambahkan sedikit madu.
  • Hidung berlendir dan sakit gigi
Sebanyak 9-15 gram tanaman segar direbus dan diminum sehari 3 kali.
  • Obat tetes telinga
Tanaman segar dilumatkan dan diperas airnya, teteskan air perasan tersebut ke telinga.

Demikian cara mengobati flu dan batuk serta kegunaan daun sambiloto bagi kesehatan, semoga bermanfaat. ^_^


Sumber: kambing.ui.ac.id
Penulis By: Team Limited Edition

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo ane suka pake jeruk nipis aja

Limited Edition mengatakan...

Terimakasih atas sarannya :-)

Posting Komentar

..::Silahkan beri komentar pada setiap postingan yang kami post::..
jangan memberikan komentar sara, pornografi, kata-kata kasar, menghina atau mengejek dan mencela pihak lain atau pihak kami, karena kami tidak akan menampilkan atau mengijinkan komentar tersebut.
Terima Kasih By Limited Edition Group !!!