4 MALAIKAT INI MENDATANGI ORANG KETIKA SAKIT

17.31 |


Seorang artis di sebuah perhelatan kontes menyanyi mengatakan bahwa "sakit itu tidak professional". Well, terlepas dari itu bahwa kita hidup dilingkupi berbagai pekerjaan dan kegiatan lainnya, sakit adalah sunatullah, ketentuan dari ALLAH SWT yang ditimpakan kepada manusia.

Memang betul, tidak ada yang menginginkan jadi sakit. Tapi dalam Islam, seperti kita tahu bahwa ada banyak hal yang tersembunyi di balik kondisi itu. Kalau kita tahu sebenarnya tak ada alasan untuk sedih dan mengeluh saat kita sakit, karena sebenarnya itu adalah kasih sayang ALLAH SWT pada kita. Kita mengeluh saat sakit karena kita tak tahu rahasianya. Sakit, dalam bentuknya yang lain, itu harus disyukuri karena itu adalah bukti kasih sayang ALLAH SWT pada kita. ALLAH SWT mengutus 4 malaikat untuk selalu menjaga kita dalam sakit.

Rasulullah SAW bersabda: "Apabila seorang hamba yang beriman menderita sakit, maka ALLAH SWT memerintahkan kepada para malaikat agar menulis perbuatan yang terbaik yang dikerjakan hamba mukmin itu pada saat sehat dan pada saat waktu senangnya."

Ujaran Rasulullah SAW tersebut diriwayatkan oleh Abu Imamah al Bahili. Dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda:
"Apabila seorang hamba mukmin sakit, maka ALLAH SWT mengutus 4 malaikat untuk datang padanya."

ALLAH SWT memerintahkan:
1. Malaikat pertama untuk mengambil kekuatannya sehingga menjadi lemah.
2. Malaikat kedua untuk mengambil rasa lezatnya makanan dari mulutnya.
3. Malaikat ketiga untuk mengambil cahaya terang di wajahnya sehingga berubah lah wajah si orang sakit menjadi pucat pasi.
4. Malaikat keempat untuk mengambil semua dosanya, maka berubah lah si orang sakit menjadi suci dari dosa.

Tatkala ALLAH SWT akan menyembuhkan mukmin itu, ALLAH SWT memerintahkan kepada malaikat 1, 2, dan 3 untuk mengembalikan kekuatannya, rasa lezat, dan cahaya di wajah sang hamba.
Namun untuk malaikat ke-4, ALLAH SWT tidak memerintahkan untuk mengembalikan dosa-dosanya kepada hamba mukmin. Maka bersujudlah para malaikat itu kepada ALLAH SWT seraya berkata: "Ya ALLAH mengapa dosa-dosa ini Engkau kembalikan?"
ALLAH SWT menjawab: "Tidak baik bagi kemualiaan-Ku jika Aku mengembalikan dosa-dosanya setelah Aku menyulitkan keadaan dirinya ketika sakit. Pergilah dan buanglah dosa-dosa tersebut ke dalam laut."

Dengan ini, maka kelak si orang sakit itu berangkat ke alam akhirat dan keluar dari dunia dalam keadaan suci dari dosa sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Sakit panas dalam sehari semalam, dapat mengurangi dosa selama setahun."

"Tiada seorang mukmin yang ditimpa oleh lelah atau penyakit, atau risau fikiran atau sedih hati, sampaipun jika terkena duri, melainkan semua penderitaan itu akan dijadikan penebus dosanya oleh ALLAH SWT," (HR Bukhari-Muslim).

"Jika sakit seorang hamba hingga tiga hari, maka keluar dari dosa-dosanya sebagaimana keadaannya ketika baru lahir dari kandungan ibunya," (HR At-Thabrani).

"Penyakit panas itu menjaga tiap mukmin dari neraka, dan panas semalam cukup dapat menebus dosa setahun," (HR Al-Qadha'i).


Demikianlah artikel yang share kali ini, jika ada kekurangan dan kesalahan, mohon silahkan dikritik dan diberi saran yang dapat dituangkan di kotak komentar yang berada di bawah. Arigatou.
Penulis By Team Limited Edition (Yudhistira Nurkarwana).

0 komentar:

Posting Komentar

..::Silahkan beri komentar pada setiap postingan yang kami post::..
jangan memberikan komentar sara, pornografi, kata-kata kasar, menghina atau mengejek dan mencela pihak lain atau pihak kami, karena kami tidak akan menampilkan atau mengijinkan komentar tersebut.
Terima Kasih By Limited Edition Group !!!