MASIH MALAS MANDI? INI MANFAAT MANDI UNTUK TUBUH DAN PIKIRAN ANDA

13.22 |


Di pagi hari yang cerah, tidak lengkap rasanya jika anda tidak mandi untuk menyegarkan tubuh anda. Aliran air yang membasahkan tubuh anda dapat membangkitkan semangat anda untuk menjalani hari setelah beristirahat dan tidur semalaman.

Begitu pula di sore hari, mandi sore akan membersihkan kembali tubuh anda yang kotor akan keringat dan debu, mandi juga akan menyegarkan kembali badan dan pikiran anda setelah lelah beraktivitas. Di cuaca yang panas mandi bisa membuat anda merasa nyaman karena kesegaran air yang mengalir di atas kulit anda.

Tetapi banyak juga yang menganggap mandi tidak begitu penting dan hanya menghabiskan waktu dan air. Padahal sebenarnya mandi punya banyak manfaat bagi tubuh dan pikiran seseorang.

Memperlancar aliran darah
Mandi dengan air dingin ataupun panas dapat membuat aliran darah lebih lancar. Mandi air dingin dapat membuat darah mengalir ke organ tubuh vital, sehingga aliran darah lebih efektif dan efisien.

Meringankan stress dan gejala depresi
Mandi akan membuat pikiran anda lebih penting. Anda akan dapat berpikir lebih jernih setelah mandi karena efeknya yang menenangkan. Dalam sebuah penelitian di Jepang ditemukan bahwa hormon stress akan menurun kadarnya setelah mandi.
Tambahkan aroma terapi dalam bentuk minyak atau sabun untuk mendapatkan efek tenang yang lebih banyak. Wangi lavender atau minyak kayu putih dapat membantu menenangkan pikiran anda.

Membersihkan tubuh
Fungsi utama mandi tentu saja membuat tubuh anda bersih dari kotoran dan kuman. Mandi teratur dapat menghindarkan anda dari masalah bau badan sehingga anda tidak memerlukan banyak deodoran atau parfum.
Mandi air panas juga dapat membersihkan tubuh dari racun dengan mengeluarkannya lewat keringat. Suhu air yang tinggi juga dapat membunuh bakteri dan virus yang melekat pada tubuh sehingga mengurangi resiko anda terkena penyakit.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Banyak penelitian yang membuktikan bahwa mandi dengan air panas atau dingin dapat membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik. 
Mandi dengan air dingin akan meningkatkan metabolisme tubuh dan mangaktifkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah percobaan menunjukkan orang yang mandi memiliki kadar sel antibodi dalam darah yang tinggi.
Mandi dengan air panas juga akan menstimulasi kinerja peredaran darah dan limpa sehingga mengurangi resiko terkena flu dan infeksi karena meningkatnya kinerja sel-sel kekebalan tubuh.


Demikianlah artikel yang saya share kali ini, jika ada kekurangan dan kesalahan, mohon silahkan dikritik dan diberi saran yang dapat dituangkan dikotak komentar yang berada dibawah. Arigatou.
Penulis By Team Limited Edition (Yudhistira Nurkarwana).

0 komentar:

Posting Komentar

..::Silahkan beri komentar pada setiap postingan yang kami post::..
jangan memberikan komentar sara, pornografi, kata-kata kasar, menghina atau mengejek dan mencela pihak lain atau pihak kami, karena kami tidak akan menampilkan atau mengijinkan komentar tersebut.
Terima Kasih By Limited Edition Group !!!