XAMPP (DOWNLOAD SOFTWARE)

17.22 | ,


PENGERTIAN XAMPP

XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operas (OS), merupakan kompilasi dari beberapa program.
Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri dari atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU (General Public License) dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapay melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkannya dapat mendownload langsung dari web resminya atau di akhir postingan ini.

SEJARAH DAN PENGEMBANGAN

XAMPP dikembangkan dari sebuah tim proyek bernama Apache Friends, yang terdiri dari tim ini (Core Team), tim pengembang (Development Team) dan tim dukungan (Support Team).

ASAL KATA DARI XAMPP

XAMPP adalah singkatan yang masing-masing hurufnya adalah:

X : Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi (OS), seperti Windows, Linux, Mac OS dan Solaris.
A : Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. Jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan, maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
M : MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MyAQL untuk menambah, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.
P : PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk halaman web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adakah MySQL. Namun PHP juga mendukung sistem manajemen database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostagreSQL, dan sebagainya.
P : Perl, bahasa pemrograman.

BAGIAN PENTING XAMPP

Mengenal bagian XAMPP yang biasa digunakan pada umumnya:
1. htdoc adalah folder tempat meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan, seperti berkas PHP, HTML dan skrip lain.
2. phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikan alamat http://localhost/phpMyAdmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin.
3. Kontrol Panel yang berfungi untuk mengelola layanan (service) XAMPP, seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start).

KOMPONEN XAMPP
XAMPP untuk windows, including:
1. Apache 2.4.4
2. MySQL 5.6.11
3. PHP 5.5.0
4 phpMyAdmin 4.0.4
5. FileZilla FTP Server 0.9.41
6. Tomcat 7.0.41 (with mod_proxy_ajp as connector)
7. Strawberry Perl 5.16.3.1 Portable
8. XAMPP Control Panel 3.2.1 (From hackattack142)

XAMPP untuk Linux, including:
1. Apache 2.4.4
2. MySQL 5.6.11
3. PHP 5.5.0
4. phpMyAdmin 4.0.4
5. OpenSSL 1.0.1e


Untuk download software XAMPP, link-nya ada dibawah ini:
XAMPP 1.6.4             ---> DOWNLOAD
XAMPP 1.7.7 VC9     ---> DOWNLOAD
XAMPP 1.8.2.3 VC9   --> DOWNLOAD
XAMPP 1.8.3.1 VC11 --> DOWNLOAD

Semuanya compatible di system type x86 (32) bit atau x64 (64) bit (worked 100% tested by me @ Windows 7 Ultimate SP1 64 bit dan Windows 8.1 Enterprise 32 bit dan 64 bit)

Demikianlah artikel yang saya share kali ini, jika ada kesalahan dan kekurangan, mohon diberi kritik dan diberi saran melalui kotak komentar yang berada dibawah postingan ini. Arigatou.
Penulis By Team Limited Editon (Yudhistira Nurkarwana)

0 komentar:

Posting Komentar

..::Silahkan beri komentar pada setiap postingan yang kami post::..
jangan memberikan komentar sara, pornografi, kata-kata kasar, menghina atau mengejek dan mencela pihak lain atau pihak kami, karena kami tidak akan menampilkan atau mengijinkan komentar tersebut.
Terima Kasih By Limited Edition Group !!!